Headlines News :
Home » » Ketika Humor Tidak Lagi Sekadar Lucu

Ketika Humor Tidak Lagi Sekadar Lucu

Written By Admin on Monday, February 5, 2018 | 12:16 PM




Salam ihik-ihik-ihik!
       Tunai sudah, salah satu janji Ihik3 kepada Ibu Pertiwi.
       Ya, janji Institut Humor Indonesia Kini (Ihik3) untuk merealisasikan salah satu sumbangsihnya: mendirikan perpustakaan.

       Jika pada tahun 1778, Pemerintahan Hindia Belanda melalui Bataviaasch Genootschap voor Kunsten en Wetenschappen mendirikan perpustakaan yang mengkhususkan diri pada bidang kebudayaan dan ilmu pengetahuan, maka Ihik3 pada 1 September 2017 lalu mendirikan perpustakaan pertama di Indonesia yang mengkhususkan diri pada bidang humor dan diberi nama  The Library of Humor Studies. Ide unik didirikannya perpustakaan ini adalah bertolak dari ungkapan cerdas yang berunyi: knowledge is not power, sharing the knowledge is. Ilmu pengetahuan bukanlah power, karena power yang sesungguhnya adalah penyebarannya.
       Meski memakai embel-embel nama humor, akan tetapi Ihik3 berani jamin bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang serius. Terbukti dari koleksi buku-buku Ihik3 adalah buku-buku yang berusaha menguak humor dengan perspektif  beragam, maka tak perlu heran jika ditemukan ada kajian humor yang bertolak dari sudut pandang filsafat, psikologi, komunikasi, medis, periklanan, dll.
       Dengan modal 400-an judul buku di tahap awal dari 1200-an koleksi pribadi, perpustakaan ini berusaha untuk bisa memicu semangat menulis, mengkaji, meneliti dan berdiskusi tentang humor. Budaya baca tulis bukan budaya baru di Indonesia, bangsa ini sejak lama telah mengenal peradaban baca tulis. Prasasti Yupa di Kutai Kalimantan Timur yang diperkirakan berasal dari abad ke-5 Masehi, merupakan bukti tentang keberadaan peradaban tersebut. Artinya semangat menulis dan membaca ada dan tetap harus dipertahankan hingga kini sesuai dengan semangat mencerdaskan kehidupan bangsa.
       Humor sendiri sebagai bentuk kajian belum banyak digali, padahal punya potensi daya tarik yang kuat sebagai  bahan kajian. Seperti misalnya, bagaimana bahagia lewat tawa adalah kegiatan yang murah, menyenangkan dan sekaligus menyehatkan (psikologi dan kesehatan) atau humor yang digunakan dalam dunia kerja (komunikasi) dan masih banyak lagi. Hal itu tentunya akan dapat terwujud jika masyarakat memaksimalkan perpustakaan ini dan melakukan kajian dari perpektif disiplin ilmu atau profesi-nya.
      Membangun sebuah perpustakaan tentunya bukan sebuah tindakan tanpa cibiran. Bagaimana tidak! Di tengah rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, yaitu di posisi 60 dari 61 negara berdasarkan studi dari Most Literate Nation in The World 2016, tindakan membangun perpustakaan seperti memutihkan arang. Tindakan yang seolah-olah sia-sia… akan tetapi Ihik3 selalu yakin bahwa inisiasi yang dilakukannya adalah sebuah bentuk investasi budaya yang hasilnya akan dapat kita lihat di masa mendatang.
       Pada akhirnya Ihik3 berharap perpustakaan ini nantinya tidak hanya menjadi tempat membaca saja, namun diharapkan bisa menjadi tempat berdiskusi para akademisi (dosen, mahasiswa, peneliti, dll), praktisi (insan televisi, pelaku industri kreatif, dll) atau masyarakat umum yang ingin menambah wawasan humor.
       Untuk itu, ihik3 berencana akan rutin membuat kegiatan seperti penelitian, diskusi, pemutaran film dan kegiatan lainnya seputar humor sehingga nantinya akan terbentuk sebuah komunitas yang punya kepedulian tinggi terhadap perkembangan humor di Indonesia. Karena kami yakin sekali bahwa budaya humor punya efek yang luar biasa untuk bangsa ini. Dengan humor kita bersatu, dengan humor kita berkarya dan dengan humor kita sehat sentosa. Terakhir diharapkan “read humor, and you’ll think humor, and you’ll create humor”.  Salam Humor! *)






Share this article :

0 comments:

Amir Taqi's Works

Amir Taqi's Works

Popular Posts

Related Blog or Site

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kostum - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger | Distributed by Rocking Templates